There was an error in this gadget

Pentingnya Saling Ingat Mengingatkan dan Menyampaikan

PENTINGNYA SALING MENGINGATKAN dan MENYAMPAIKAN...

waltakun minkum ummatun yad'uuna ilaa lkhayri waya/muruuna bilma'ruufi wayanhawna 'ani lmunkari waulaa-ika humu lmuflihuun

[3:104] Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung.

qul haadzihi sabiilii ad'uu ilaallaahi 'alaa bashiiratin anaa wamani ittaba'anii wasubhaanallaahi wamaa anaa mina lmusyrikiin

[12:108] Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Alloh dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

Wednesday, November 20, 2013

Definisi, Nama Lain, Luas dan Jarak Surga 1



Surga dalam Islam berasal dari kata janna yang berarti tersembunyi. Asal kata jannah sama dengan jin yang juga tersembunyi. Seperti halnya jin, surga adalah tempat yang tersembunyi sehingga termasuk salah satu perkara gaib yang wajib diimani setiap muslim.

Jannah adalah gambaran tentang taman yang didalamnya terdapat pepohonan berupa kurma dan tanam tanaman lainnya. Adapun bentuk jamaknya ialah jannan atau jannat. Adapun menurut istilah, jannah adalah tempat yang dijanjikan dan disediakan oleh Allah SWT bagi orang yang bertakwa sebagai balasan atas keimanan dan amal perbuatan baik mereka. Demikian dijelaskan Al-Mu'jam Al Wasith.

Terdapat dua belas nama bagi surga yang dijanjikan Allh SWT yang disebutkan dalam Al Quran. Berikut ini nama nama surga berikut penjelasan ringkas artinya.

Pertama, Al Jannah yang berarti tertutup dan tersembunyi. Disebut tersembunyi karena memang tidak dapat dilihat oleh mata lahir saat ini. Taman yang berisi pepohonan, juga disebut Al Jannah karena tersembunyi dari pandangan mata oleh rindangnya pepohonan di dalamnya. 

Kedua, Dar As-Salam, alam yang damai dan sentosa. Sebagaimana termaktub dalam surah Al An'am ayat 127, "Bagi mereka tempat yang damai (dar as-salam) di sisi Tuhan." Disebut alam kedamaian karena jauh dari berbagai kesengsaraan dan penderitaan."

Ketiga, Dar Al-Khuldi atau tempat abadi. Dinamakan demikian karena penghuni didalamnya tidak akan pergi lagi dari alam tersebut untuk selamanya. Tempat ini bukan tempat peristirahatan sementara, tapi kekal abadi buat selamanya. Firman-Nya "Adapun orang orang yang berbahagia, tempatnya di surga, mereka kekal di dalamnya." (QS. HUD : 108).

Keempat, Dar Al-Maqamah, tempat kekal. Firman-Nya, "Dan mereka berkata, 'Segala puji bagi Allah Yang menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Rabb kami benar benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (dar al-maqamah) dari karunia Nya, di dalamnya kami tiada lelah, tiada pula merasa lesu." (QS. Fathir : 34-35). 

No comments:

Post a Comment