There was an error in this gadget

Pentingnya Saling Ingat Mengingatkan dan Menyampaikan

PENTINGNYA SALING MENGINGATKAN dan MENYAMPAIKAN...

waltakun minkum ummatun yad'uuna ilaa lkhayri waya/muruuna bilma'ruufi wayanhawna 'ani lmunkari waulaa-ika humu lmuflihuun

[3:104] Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung.

qul haadzihi sabiilii ad'uu ilaallaahi 'alaa bashiiratin anaa wamani ittaba'anii wasubhaanallaahi wamaa anaa mina lmusyrikiin

[12:108] Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Alloh dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

Saturday, November 23, 2013

Definisi, Nama Lain, Luas dan Jarak Surga 2



Kelima, Jannah Al-Ma'wa bermakna taman tempat bernaung dan berteduh seperti termaktub dalam surah An Najm ayat 15

Keenam, Jannah 'Adn yang merupakan nama semua surga. Firman-Nya, "Yaitu surga 'Adn, yang dijanjikan Yang Maha Pemurah kepada hamba hamba Nya, sekalipun (surga) tidak nampak. Sesungguhnya janji Allah itu pasti akan ditepati." (QS Maryam : 61)

Ketujuh, Dar Al Hayawan, tempat kehidupan seperti dalam firman Nya "Dan sesungguhnya akhirat (dar al akhirah) itulah yang sebenarnya kehidupan (al hayawan), kalau mereka mengetahui." (QS. Al Ankabut:64). Menurut para mufassir, negeri  akhirat tiada lain surga tempat kehidipan abadi yang tidak ada kematian lagi di dalamnya.

Kedelapan, Al Firdaus yang juga nama semua surga. Firman Nya, "Sesungguhnya orang orang yang beriman dan beramal sholeh, bagi mereka surga Firdaus menjadi tempat tinggal. Mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin berpjndah darinya." (QS Al Kahfi: 108)

Kesembilan, Jannah An Na'im atau taman beragam kenikmatan. Alh SWT berfirman, "Sesungguhnya orang orang yang beriman dan beramal sholeh, bagi mereka surga surga penuh kenikmatan." (QS Luqman: 8).

Kesepuluh, Al Maqam Al Amin atau tempat aman dan sentosa. Firman Nya "Sesungguhnya orang orang yang bertaqwa berada dalam tempat aman." (QS Ad Dukhan: 51).

Kesebelas dan keduabelas, Maq'ad Ash Shidq dan Qudum Ash Shidiq, tempat duduk yang baik atau disenangi seperti firman Nya "Sesungguhnya orang orang bertakwa itu di dalam taman taman dan sungai sungai, di tempat yang disenangi di sisi (Rabb) Yang Maha Berkuasa." (QS Al Qamar : 54-55)

Adapun luas surga adalah seluas bentangan langit dan bumi. Tentang luas surga ini dijelaskan secara gamblang dalam Al Quran "Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang orang yang bertakwa." (QS Ali Imran : 133).

Mengenai jarak surga, para ulama berbeda pendapat. Ada yang berpendapat jaraknya sejauh empat puluh tahun perjalanan, berdasarkan hadits Rasulullah saw dari Abdullah bin Umar ra, "Barangsiapa membunuh mu'abid (orang kafir yang dilindungi pemerintahan umat Islam), niscaya dirinya tidak akan mencium aroma surga. Padahal aroma surga bisa tercium dari jarak empat puluh tahun." (HR Bukhari).

Ada juga yang mengatakan berjarak tujuh puluh kali musim gugur atau tujuh puluh tahun, berdasarkan sabda Rasulullah saw dari Abu Hurairah ra, "Barangsiapa membunuh mu'abid yang berada dalam jaminan (keamanan) Allah SWT dan Rasul Nya, sesungguhnya ia telah mencederai jaminan Allah, niscaya dia tidak mencium bau surga. Padahal aroma surga bisa tercium dari jarak sejauh tujuh puluh musim semi." (HR Ibnu Majah).

Pendapat terakhir, jaraknya sejauh lima ratus tahun perjalanan. Dari Abu Barkah ra, Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa membunuh mu'abid pada masanya, ia tidak akan mencium aroma surga. Padahal aroma surga bisa dicium sejak lima ratus tahun perjalanan." (HR Abu Ya'la).

No comments:

Post a Comment