There was an error in this gadget

Pentingnya Saling Ingat Mengingatkan dan Menyampaikan

PENTINGNYA SALING MENGINGATKAN dan MENYAMPAIKAN...

waltakun minkum ummatun yad'uuna ilaa lkhayri waya/muruuna bilma'ruufi wayanhawna 'ani lmunkari waulaa-ika humu lmuflihuun

[3:104] Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung.

qul haadzihi sabiilii ad'uu ilaallaahi 'alaa bashiiratin anaa wamani ittaba'anii wasubhaanallaahi wamaa anaa mina lmusyrikiin

[12:108] Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Alloh dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

Tuesday, November 16, 2010

MENUJU KEIKHLASAN BERKORBAN

Kurban secara etimologi berarti dekat. Proses mendekatkan diri dinamakan taqarub. Kurban adalah kendaraan untuk mendekatkan diri pada Allah. Bahasa Indonesia mengadopsi kata kurban menjadi pengorbanan. Pengorbanan adalah keikhlasan dalam memberikan sebagian dari yang dititipkan Allah untuk mereka yang membutuhkan. Lebih dari itu pengorbanan adalah mendahulukan kepentingan orang lain daripada kepentingan pribadi. Bentuk pengorbanan bisa berupa materi, kesempatan, waktu, tenaga, pikiran atau ilmu.

Kurban tidak hanya memberi pada orang tidak mampu saja, tapi juga memberi pada orang berkecukupan. Memberi pada fakir miskin disebut sedekah atau infaq. Sedangkan memberi pada orang sejajar atau lebih tinggi disebut hadiah.

Peristiwa yang paling monumental dari pengorbanan ini dilakukan oleh Nabi Ibrahim Alaihi Salam yang rela mengorbankan nakanya, Ismail demi mematuhi perintah Allah walau kemudian Allah mengganti Ismail dengan seekor kambing. Demikian pentingnya peristiwa tersebut, Allah mengabadikannya dalam sebuah hari raya, yaitu Idul Adha atau Idul Kurban.

Agar pengorbanan menjadi bermakna, kita harus yakin bahwa apapun yang dilakukan oleh syariat Islam tidak ada yang sia-sia.
Ada beberapa keutamaan dari pengorbanan:
1.Dicintai Allah Subhanahu wa ta’ala, karena pengorbanan akan mendekatkan diri pada-Nya bila diniatkan ikhlas untuk mencari keridhoan Allah semata.
2.Lahirnya rasa persaudaraan dan saling menyayangi satu sama lain. Rasulullah Shalallahu alaihi wa salam berpesan kepada umatnya, “Saling memberilah kalian, niscaya kalian akan saling mencintai.
3.Turunnya rahmat Allah. Rahmat Allah bisa berupa ketenangan jiwa, perdamaian, persatuan umat, dan yang lainnya.

No comments:

Post a Comment