There was an error in this gadget

Pentingnya Saling Ingat Mengingatkan dan Menyampaikan

PENTINGNYA SALING MENGINGATKAN dan MENYAMPAIKAN...

waltakun minkum ummatun yad'uuna ilaa lkhayri waya/muruuna bilma'ruufi wayanhawna 'ani lmunkari waulaa-ika humu lmuflihuun

[3:104] Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung.

qul haadzihi sabiilii ad'uu ilaallaahi 'alaa bashiiratin anaa wamani ittaba'anii wasubhaanallaahi wamaa anaa mina lmusyrikiin

[12:108] Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Alloh dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

Thursday, October 6, 2011

Pembagian Tanda Tanda Kiamat


Tanda Tanda Shugra (Kecil)

Tanda tanda shugra adalah peristiwa pertama atau awal yang muncul dan tidak akan terulang untuk kedua kalinya, seperti wafatnya Nabi saw, terbelahnya bulan, wafatnya Utsman bin Affan ra dan masih banyak lagi yang lainnya. Dinamakan tanda tanda shugra karena peristiwanya jauh dengan zaman kita, bukan karena artinya yang kecil. Peristiwa itu telah terjadi pada masa Rosululloh saw dan para sahabat serta pada masa pertengahan Islam yang pertama.

Tanda Tanda Wustha (Menengah)

Tanda tanda ini muncul setelah masa pertengahan Islam yang pertama sampai zaman kita hidup sekarang ini. Sebagian tanda tandanya telah terjadi, bahkan sedang berlangsung, seperti fitnah, munculnya api di bumi Hijaz, keluarnya dua dajjal yang mengaku nabi, gerhana dan melimpahnya harta benda. Orang yang memerhatikan tanda tanda ini mengetahui bahwa ini sudah terjadi, sedang berlangsung, bahkan akan terulang lagi untuk yang kedua atau ketiga kalinya. Tanda tanda pertengahan ini terbagi menjadi tiga bagian.

a. Tanda tanda yang telah terjadi beberapa abad yang lalu dan mungkin sebagian akan terulang kembali.

b. Tanda tanda yang sedang berlangsung dan kita menyaksikannya.

c. Tanda tanda yang akan terjadi setelah zaman kita atau pada masa generasi yang akan datang hingga munculnya tanda tanda kiamat kubra.


Tanda Tanda Kubra (Besar)

Tanda tanda ini terpisah dari tanda tanda sebelumnya, tidak diragukan dan tidak dipertentangkan oleh para ulama atau orang awam sekalipun. Menurut para ilmuwan, tanda tanda itu benar karena sebagian disebutkan dalam al Quran dan kebenarannya dikuatkan oleh Rosululloh saw dalam hadits yang diriwayatkan oleh para ulama besar, seperti Bukhari, Muslim serta pemilik kitab sunan yang empat dan yang lainnya dari ahli hadits yang tsiqat. Tanda tanda kiamat kubra terbagi menjadi dua.

a. Tanda tanda yang disebutkan dalam al Quran dan hadits Nabi saw seperti binatang melata yang keluar dari bumi, asap tebal serta Yakjuj dan Makjuj.

b. Tanda tanda yang disebutkan oleh Rosululloh saw seperti Al Mahdi, turunnya Isa as dan dajjal sampai tanda tanda kubra yang terakhir.

Dengan pertolongan Alloh SWT, pembagian ini memudahkan kita untuk memahami tanda tanda tersebut. Oleh karena itu, kita harus mengetahui apa yang telah terjadi pada masa lalu, sekarang dan yang akan datang.

Peringatan

Tanda tanda kiamat yang diceritakan oleh sebagian besar hadits adalah tanda tanda pertengahan. Ini benar sekali karena antara tanda tanda shugra dan kubra terdapat kurun waktu yang sangat panjang. Kita tidak tahu kapan tanda tanda kubra akan dimulai. Hanya Alloh SWT yang mengetahuinya. Dari beberapa hadits yang mirip ini, karena jumlah perawinya banyak, saya berpendapat untuk menyebutkan makna dan maksudnya saja. Jika mempunyai kesamaan, saya hanya akan menyebutkan perawinya sehingga pembaca tidak merasa berat membacanya karena banyaknya hadits.

Ada yang menyebutkan bahwa di antara beberapa kitab khusus yang membahas tanda tanda kiamat, kira kira ratusan hadits, kebanyakan mempunyai kesamaan. Ada pula yang memerlukan penafsiran, keterangan, dan penjelasan yang panjang. Oleh karena itu, saya mengambil jalan tengah dalam menyebutkan hadits hadits yang menunjukkan tanda tanda kiamat dan menyederhanakan penafsiran serta maksudnya agar faedahnya dapat dipahami secara umum. Yang memerlukan perincian dan penjelasan yang luas adalah hari kiamat, mulai dari terjadinya kiamat, pengumpulan manusia di padang mahsyar, hari perhitungan amal (hisab), diperlihatkannya catatan, penimbangan amal, dan apa yang terjadi pada hari itu yang masanya sangat panjang. Satu harinya sama dengan lima puluh ribu tahun.

Alloh SWT berfirman :

Malaikat malaikat dan Jibril naik menghadap Tuhan dalam sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun. Maka bersabarlah kamu dengan sabar yang baik. Sesungguhnya mereka memandang siksaan itu jauh mustahil. Sedangkan, Kami memandangnya dekat pasti terjadi. (QS Al Ma’arij: 4-7)

Tanda tanda apa yang dapat kita rasakan saat ini dan peristiwa apa yang kita ketahui sebelumnya, yang dapat menambah keimanan kita serta memperkuat keyakinan kita bahwa tanda tanda itu akan terjadi sebelum hari kiamat ? Tidaklah Alloh SWT menjadikan tanda tanda tersebut, kecuali untuk menenangkan hati dan agar kita mengetahui bahwa kiamat itu pasti akan datang, tidak mustahil. Semua ini mendorong kita untuk selalu beramal, istiqomah, menyingkirkan keraguan, dan bersiap siap menghadapinya dengan amal saleh yang di ridhoi Alloh SWT dan Rosul Nya.

No comments:

Post a Comment