There was an error in this gadget

Pentingnya Saling Ingat Mengingatkan dan Menyampaikan

PENTINGNYA SALING MENGINGATKAN dan MENYAMPAIKAN...

waltakun minkum ummatun yad'uuna ilaa lkhayri waya/muruuna bilma'ruufi wayanhawna 'ani lmunkari waulaa-ika humu lmuflihuun

[3:104] Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung.

qul haadzihi sabiilii ad'uu ilaallaahi 'alaa bashiiratin anaa wamani ittaba'anii wasubhaanallaahi wamaa anaa mina lmusyrikiin

[12:108] Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Alloh dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

Saturday, October 2, 2010

Agar ANAK-mu dan ANAK-ku SHALAT selalu

Kewajiban ibu terhadap anak-anaknya ialah mengajari dan membiasakan mereka shalat., persis seperti apa yang dilakukannya agar mereka belajar. Atau ketika menyuruh mereka segera tidur agar esok hari bisa bangun pagi dan berangkat sekolah dengan semangat.

Ada sebagian ibu, .. "Semoga Allah menunjuki mereka" ... yang membentak anaknya atau memukulnya ketika ia tak mau belajar atau tak mau segera tidur. Akan tetapi saat anaknya tak mau shalat, ia bersikap masa bodoh.

Ukuran paling nyata kesuksesan orang tua dalam mendidik anak adalah manakala anak selalu menjalankan shalat lima waktu. Dan tiada kegagalan yang lebih fatal dari kegagalan orang tua dalam membiasakan anaknya salat lima waktu.

" Sesungguhnya batas antara seorang muslim dengan kesyirikan atau kekafiran adalah meninggalkan shalat". (HR Muslim)

Bagaimana dengan anak kita ? apakah ia selalu menunggu ajakan atau teguran kita untuk shalat ? Atau ia hanya mau shalat ketika dalam pengawasan kita, lalu tatkala jauh dari kita, ia meninggalkannya ? Atau bahkan sangat bandel ketika disuruh shalat ? ...

Firman Allah SWT, " Perintahkanlah keluargamu untuk shalat, dan bersabarlah kamu dalam hal ini, Kami tidaklah meminta rezeki darimu, namun Kamilah yang memberimu rezeki, dan kesudahan yang baik itu ialah bagi (orang yang) takwa". (QS. Thaha ;132)


~ HERAN dengan ORANG TUA yang MASA BODOH terhadap SHALAT ANAKnya ~

( * Pengalaman Seorang Ibu dengan Anaknya ):
" Pengalamanku dengan anakku ialah saat ia berumur 7 (tujuh) tahun, aku tak pernah menekannya atau memukulnya untuk shalat agar ia tidak membencinya. Akan tetapi aku berbicara dengan lembut dan tidak berteriak didepannya, kukatakan kepadanya, ;
" Kalau kamu tidak mau shalat, Allah akan murka kepadamu. Kalau sudah begitu, Dia takkan memasukkanmu dalam Jannah yang penuh dengan apa-apa yang kau sukai. Bukankah kamu ingin agar kita berkumpul kembali di Jannah, kamu, ibu, dan bapak ? Nah kalo begitu kita harus rajin shalat lima waktu dan selalu taat kepada Allah SWT ".

Kata-kata ini kuucapkan kepadanya tiap hari. Aku juga banyak bercerita tentang sifat-sifat Jannah kepadanya agar ia semakin rindu, lalu terdorong untuk shalat. Alhamdulillah kini anakku shalat pada waktunya secara berjamaah di masjid, hingga ia dewasa. Sungguh, dahulu usahaku lebih giat dari ini terhadap seluruh anakku, baik yang laki-laki maupun perempuan.

Kata-kata ini kutulis bagi setiap ibu yang acuh dan tidak mau mengajari anaknya shalat. Ingatlah bahwa anak-anak adalah tanggung jawabmu, dan engkau akan ditanya oleh Allah tentang mereka, lantas apakah jawabanmu nanti .... ?

Sesungguhnya doa memiliki kekuatan ajaib dan pengaruh yang kuat. Berapa kali sudah tidak terhitung lagi aku berdoa dengan doa berikut

" Rabbi, jadikanlah aku dan anak keturunanku sebagai orang yang menegakkan shalat, Ya Allah kabulkanlah doa ini." (QS Ibrahim ;40)

Hingga Allah memperlihatkan kepadaku saat anak-anakku yang masih kecil sering kali memungut sajadah dan shalat dengan sendirinya tanpa kuperintahkan sedikitpun, padahal kondisi fisik mereka sedang kelelahan. Akan tetapi Allah-lah yang memudahkan hal ini berkat karunia dan taufik-Nya semata... Alhamdulillah...

Tempatkanlah putera-puteri kita dalam hati kita. Jagalah mereka dari Api Neraka dan murka Sang Penguasa, sebab tatkala mata mereka menatap kita, mereka berkata,... " Ingatlah amanat yang kau emban, jangan kau sia-siakan kami !" ...

Berjuanglah demi mereka, sebab anak-anak bukanlah sekedar perhiasan dunia semata, namun mereka juga UJIAN !.. maka, luluskah kita dalam ujian tersebut ?... Cobalah, karena merintis memang tak mudah, setelah itu barulah akan terjadi loncatan.

Wallahu'alam...

No comments:

Post a Comment