There was an error in this gadget

Pentingnya Saling Ingat Mengingatkan dan Menyampaikan

PENTINGNYA SALING MENGINGATKAN dan MENYAMPAIKAN...

waltakun minkum ummatun yad'uuna ilaa lkhayri waya/muruuna bilma'ruufi wayanhawna 'ani lmunkari waulaa-ika humu lmuflihuun

[3:104] Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung.

qul haadzihi sabiilii ad'uu ilaallaahi 'alaa bashiiratin anaa wamani ittaba'anii wasubhaanallaahi wamaa anaa mina lmusyrikiin

[12:108] Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Alloh dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

Sunday, October 3, 2010

Menghidupkan hati

seorang yang mudah marah, mudah tersinggung dan lebih suka menyalahkan orang lain adalh salah satu tanda kerasnya hati, Otomatis hati yang keras sangant membebani pemiliknya meskipun secara tidak langsung, lingkungan sekitarnya lama kelamaan akan meninggalkan drinya dalam kesendirian. meski perlahan namun tu pasti.

salah satu penyebabnya adalah adanya kesombongan dalam diri, rasa invidualis yang tinggi, dan terlalu cinta pada dunia. tertawa yang terlalu keras disertai rasa senang atas keburukan yang menimpa orang lain juga menjadi salah satu penyebabnya. untuk menghindar dari hal itu, Rasulullah telah memberi cara yang efktif lauh-jauh hari.

hati yang keras akan dapat dilunakkan dengan membiasakan hati dan diri kita untuk melakukan hal-hal berikut :

1. kita harus punya motivasi yang kuat untuk berubah, motivasi dan niat yang tulus akan membuat segalanya terasa ringan. niatkan perubahan karena mengharap ridha Allah, berharap menghentikan keburukan di dunia yang dia wali dari diri kita sendiri, dan niatkan tuk kebaikan dunia dan akhirat kita.

2. belajar memaafkan, maaf berarti pertanda hati yang ikhlas, belajar memaafkan memang sulit, namun bila sudah terbiasa dampaknya terasa begitu besar, salah satu cara memaafkan alah berusaha memikirkan posisi kita seandainya kita menjadi sesorang yang bersalah, sudah tentu kita sangant merindukan maaf dan perdamaian dari orang yang marah atau membenci kita karena kesalahan kita, maka dari tiu cobalah untuk memaafkan.

3. memberi, memberi tand hati yang segar dan peduli pada sesama, memberi apapun yang bermanfaat, tidak harus berupa benda.

4. syukur, ini yang paling sering dilupakan orang, padahal dengan syukur akan membuat hati kita tenteram dan membuat Allah lebih ridha pada kita, dan menambahkan karunia-Nya. bersyukur yang terbaik dalah pada waktu susah maupun senang

5. pasrah, tawakkal, bukan berarti kita diam saja menerima takdir kita. namun kita beusaha maksimal dan hasilnya kita serahkan pada Allah, dan jangan suka menggerutu bila hasil kita belum memuaskan ,namun berusahalah memperbaiknya.

6. do'a, ini yang terpenting, kita mesti rajin berdo'a disamping berusaha, bagaimana pun juga Alahlah yang memberi kita hidup sehingga kita bisa melakukan usaha-usaha kita, bagaiman mungkin kita menginginkan sukses kalau kita tidak mau meminta pada yang menciptakan kesuksesa itu...

nah, itu sekian cara dan tips melembutkan dan menghidupkan hati kita, semoga kita selalu menjadi orang yang diridhoi Allah, malaikat dan umat manusia, semoga ini bermanfaat bagi kita semua, Amin...

====== SALAM SABAR ====

No comments:

Post a Comment