Pentingnya Saling Ingat Mengingatkan dan Menyampaikan

PENTINGNYA SALING MENGINGATKAN dan MENYAMPAIKAN...

waltakun minkum ummatun yad'uuna ilaa lkhayri waya/muruuna bilma'ruufi wayanhawna 'ani lmunkari waulaa-ika humu lmuflihuun

[3:104] Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung.

qul haadzihi sabiilii ad'uu ilaallaahi 'alaa bashiiratin anaa wamani ittaba'anii wasubhaanallaahi wamaa anaa mina lmusyrikiin

[12:108] Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Alloh dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

Saturday, December 21, 2013

Bahasa Penghuni Surga



Kelak di surga, sesama penghuni saling berkumpul dan berbincang bincang satu sama lain. Mereka akan saling bernostalgia dan curhat tentang apa yang mereka lakukan di dunia.

Allah SWT berfirman :

Dan sebagian mereka menghadap kepada sebagian lain saling tanya menanya. Mereka berkata 'Sesungguhnya kami dahulu, sewaktu berada di tengah tengah keluarga kami merasa takut akan diazab,' Maka Allah memberikan karunia kepada kami dan memelihara kami dari azab neraka. Sesungguhnya kami dahulu menyembah Nya. Sesungguhnya Dialah yang melimpahkan kebaikan lagi Maha Penyayang. (QS. Ath Thur : 25-28).

Tentang bahasa apa yang kelak digunakan di surga, tidak ada satu keterangan pun menyebutkan. Yang jelas, bahasa komunikasi orang surga adalah bahasa yang lembut, santun dan penuh kesentosaan.

Allah SWT berfirman :

Mereka tidak mendengar di dalamnya perkataan sia sia, tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa. Tetapi mereka mendengar ucapan 'Salaman, salaman ! (QS. Al Waqi'ah : 25-26).

Apapun bahasa surga kelak, hanya Allah jualah yang tahu. Yang jelas, mereka menggunakan bahasa yang dapat dipahami satu sama lain. Banyaknya riwayat yang menjelaskan adanya perbincangan dan percakapan antarsesama penghuni surga dan neraka, merupakan bukti nyata di akhirat nanti kita memiliki satu bahasa yang sama sehingga bisa saling mengerti satu sama lain. Wallahu a'lam.

No comments:

Post a Comment