Pentingnya Saling Ingat Mengingatkan dan Menyampaikan

PENTINGNYA SALING MENGINGATKAN dan MENYAMPAIKAN...

waltakun minkum ummatun yad'uuna ilaa lkhayri waya/muruuna bilma'ruufi wayanhawna 'ani lmunkari waulaa-ika humu lmuflihuun

[3:104] Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung.

qul haadzihi sabiilii ad'uu ilaallaahi 'alaa bashiiratin anaa wamani ittaba'anii wasubhaanallaahi wamaa anaa mina lmusyrikiin

[12:108] Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Alloh dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

Monday, December 2, 2013

Kedudukan Terendah di Surga



Menghuni surga terendah bukan berarti kenikmatannya berkurang. Sungguh pada setiap surga itu terdapat kenikmatan yang berlimpah dan bermacam macam. Hanya saja kenikmatan setiap surga itu berbeda nilai dan tingginya satu sama lain sesuai dengan kedudukan dan keistimewaan para penghuninya.

Allah SWT berfirman :

Dan apabila kami melihat di sana (surga), niscaya kamu akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar. (QS Al Insan : 20).

Diriwayatkan oleh Muslim, Ahmad dan Tirmidzi dari Al Mughirah bin Syu'bah ra, Rasulullah saw bersabda "Musa pernah bertanya kepada Tuhannya, 'Siapa penghuni surga paling rendah ?' Allah berfirman 'Yaitu seseorang yang datang setelah para semua penghuni surga masuk ke surga. Lalu dikatakan kepadanya, 'Masuklah kamu ke surga !' Dia menjawab 'Wahai Tuhanku, bagaimana aku bisa masuk sementara setiap orang telah menempati tempat mereka dari posisinya masing masing ? Lalu dikatakan kepadanya, 'Tidak sukakah kamu, jika kamu mendapat seperti yang dimiliki salah seorang raja di dunia ? Dia menjawab, 'Saya suka Tuhanku. 'Dikatakan lagi kepadanya, ' Kamu memperoleh yang seperti itu dan seperti itu lagi' Dia menjawab yang kelima kalinya, 'Saya suka Tuhanku' Allah berfirman 'Ini bagianmu dan sepuluh kali lipat dan bagianmu juga untuk memenuhi keinginanmu dan menyedapkan pandanganmu' Dia menjawab 'Saya suka Tuhanku' 

Musa bertanya lagi, 'Ya Tuhanku, siapa mereka yang paling tinggi derajatnya ? Allah berfirman, 'Mereka itulah orang orang yang Aku kehendaki. Aku telah menanam kemuliaan mereka dalam Tangan Ku lalu Aku menguncinya. Namun tidak ada yang pernah melihatnya, tidak pernah didengar telinga, dan tidak pernah terbetik dalam hati manusia."

Adapun menurut riwayat Muslim dan Ahmad dari Abu Sa'id Al Khudri ra, Rasulullah saw menegaskan bahwa orang yang kelak menempati surga terendah adalah orang yang terakhir masuk surga.

Rasulullah saw bersabda "Sesungguhnya penghuni surga paling rendah adalah lelaki yang mukanya dipalingkan dari neraka seraya menghadap surga. Lalu Allah memperlihatkan kepadanya sebuah pohon dengan naungan yang rindang. Dia berkata 'wahai Tuhanku, dekatkanlah aku pada pohon itu agar aku bisa berteduh di bawahnya 'Allah berfirman 'Apakah kamu tidak akan meminta lagi yang lainnya ?' Tidak, demi Keagungan Mu !' Jawab lelaki itu. Allah lantas mendekatkan pohon itu kepadanya.

Kemudian diperlihatkan lagi kepadanya sebuah pohon dengan naungan yang rindang dan berbuah. Dia berkata 'Wahai Tuhanku, dekatkanlah aku pada pohon itu agar aku bisa berteduh di bawahnya dan memakan buahnya.' Allah berfirman 'Apakah jika Aku perkenankan itu kamu tidak akan meminta lagi yang lainnya ?' 'Tidak, demi Keagungan Mu jawab lelaki itu. Allah lalu mendekatkan pohon itu kepadanya. Kemudian Allah memperlihatkan lagi kepadanya sebuah pohon dengan naungan rindang, berbuah, dan bermata air. Dia berkata 'Wahai Tuhanku, dekatkanlah aku pada pohon itu agar aku bisa beteduh di bawahnya, memakan buahnya dan meminum airnya'. Allah berfirman 'Apakah jika Aku perkenankan itu kamu tidak akan meminta lagi yang lainnya ?' 'Tidak, demi Keagungan Mu. Aku tidak akan meminta yang lainnya lagi,  jawab lelaki itu. Allah pun lantas mendekatkan pohon itu kepadanya. Lalu Allah memperlihatkan lagi kepadanya pintu surga. Dia berkata, 'Wahai Tuhanku, dekatkanlah aku pada pintu surga agar aku berada di bawah kain penutup pintu surga itu dan menyaksikan para penghuninya.

Allah lantas mendekatkan dirinya pada pintu surga agar bisa melihat surga dan seisinya. Lelaki itu lantas memohon 'Wahai Tuhanku, masukanlah aku ke surga !' Allah lantas memasukan dirinya ke surga lalu ia berkata 'Apakah ini untukku ?' Allah berfirman kepadanya "Berangan anganlah !' Ia lalu berangan angan dan Allah mengatakan kepadanya untuk memohon itu dan ini sampai dirinya tidak bisa lagi berangan angan. Allah berfirman 'Ini adalah untukmu dan sepuluh kali lipat seperti itu' Allah lalu memasukkan dirinya ke surga dan didatangkan pula kepadanya dua istrinya dari bidadari cantik jelita. Keduanya lalu berkata 'Segala puji bagi Allah Yang telah Menghidupkanmu untuk kami berdua dan Menghidupkan kami berdua untukmu.' Allah berfirman, 'Tidak ada seorangpun yang diberi seperti yang aku berikan kepadamu !'. Adapun penghuni neraka paling rendah siksaanya adalah yang diberi sandal dari api neraka dengan dua sandal, hingga membuat otaknya mendidih akibat panasnya kedua sandalnya itu."

Abu Hurairah ra berkata "Sesungguhnya penghuni surga paling rendah yang tidak ada lagi yang lebih rendah daripadanya, adalah orang yang diberi makanan setiap hari dan dikelilingi lima belas ribu pelayan. Tidaklah para pelayan itu sekejap pun kecuali setia menyertai majikannya." Wallahu a'lam.



No comments:

Post a Comment