There was an error in this gadget

Pentingnya Saling Ingat Mengingatkan dan Menyampaikan

PENTINGNYA SALING MENGINGATKAN dan MENYAMPAIKAN...

waltakun minkum ummatun yad'uuna ilaa lkhayri waya/muruuna bilma'ruufi wayanhawna 'ani lmunkari waulaa-ika humu lmuflihuun

[3:104] Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung.

qul haadzihi sabiilii ad'uu ilaallaahi 'alaa bashiiratin anaa wamani ittaba'anii wasubhaanallaahi wamaa anaa mina lmusyrikiin

[12:108] Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Alloh dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

Thursday, December 5, 2013

Ranjang dan Permadani Surga



Seperti halnya di surga terdapat istana dan kamar, di dalam kamar kamar itu juga terdapat ranjang ranjang yang dihiasi permadani.

Allah SWT berfirman :

Di dalamnya ada mata air yang mengalir. Di dalamnya ada tahta tahta yang ditinggikan, gelas gelas terletak berdekatan, bantal bantal sandaran tersusun, dan permadani permadani terhampar. 
(QS. Al Ghasyiyah : 12-16).

Allah SWT berfirman :

Dan kamar kamar tebal lagi empuk. (QS. Al Waqi'ah : 34).

Dalam riwayat Ahmad dan Tirmidzi dari Abu Sa'id ra, Rasulullah saw pernah membacakan firman Allah "Wa firusyim marfu'ah" kemudian beliau bersabda, "Demi Allah Yang Menggenggam jiwaku, sesungguhnya tingginya kasur kasur itu benar benar setinggi jarak antara langit dan bumi. Padahal sesungguhnya, jarak antara langit dan bumi itu sejauh perjalanan lima ratus tahun."

Dalam ayat lain :

Mereka bertelakan pada bantal bantal hijau dan permadani yang indah. (QS. Ar Rahman : 76).

Abqariy artinya permadani yang indah. Pada ayat ini orang Arab diajak bicara dengan menggunakan kata kata yang membuat mereka membayangkan sesuatu yang paling indah, yang dalam perasaan mereka merupakan pemandangan dan kesenangan paling agung dan paling mulia daripada apapun yang sejenisnya. Dan kepada Allah jualah kita memohon pertolongan Nya untuk meraih itu semua.

Adapun Nawariq berarti bantal atau sandaran, sedangkan rafraf adalah taman surga. Ada juga yang mengatakan sejenis pakaian. Dan zarabiy bermakna sama dengan abqariy, yaitu permadani.

Firman Nya :

Mereka bertelekan di atas permadani, yang sebelah dalamnya dari sutra. Dan buah buahan kedua surga itu dapat dipetik dari dekat. Maka, Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan ? (QS. Ar Rahman : 54-55).

Ibnu Mas'ud ra berkata "Jika saja bagian dalamnya dari sutra, lantas bagaimana lagi dengan bagian luarnya ?"

Ibnu Abbas ra menjelaskan "Ranjang tidur surga itu terbuat dari emas yang bertahtakan mutiara, permata dan yaqut. Adapun panjangnya, seperti jarak antara Mekkah dan Ailah."

Al Kulabi berkata "Panjang ranjang di langit itu sekira seratus hasta, ketika si empunya ingin duduk di atasnya, ranjang itupun menunduk untuknya sampai dirinya duduk, dan jika si empunya telah


No comments:

Post a Comment