There was an error in this gadget

Pentingnya Saling Ingat Mengingatkan dan Menyampaikan

PENTINGNYA SALING MENGINGATKAN dan MENYAMPAIKAN...

waltakun minkum ummatun yad'uuna ilaa lkhayri waya/muruuna bilma'ruufi wayanhawna 'ani lmunkari waulaa-ika humu lmuflihuun

[3:104] Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung.

qul haadzihi sabiilii ad'uu ilaallaahi 'alaa bashiiratin anaa wamani ittaba'anii wasubhaanallaahi wamaa anaa mina lmusyrikiin

[12:108] Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Alloh dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

Saturday, August 21, 2010

13 Langkah Meraih Ramadhan Berkwalitas (4)

KEEMPAT: BASAHI LIDAHMU DENGAN DZIKRULLAH

Dzikrullah adalah indikator hidupnya hati. Dzikrullah adalah kelezatan ruhani. Dzikrullah adalah peristirahatan bagi jiwa. Seorang Tabi’in mengatakan, “Sesungguhnya di dunia ini ada surga. Orang yang belum memasuki surga dunia, tidak akan masuk ke dalam surga akhirat. Surga dunia itu adalah dzikrullah.”

PELIHARALAH TIGA KESEMPATAN DALAM BERDZIKIR:

1. Dzikir pagi dan sore. Paling tidak dzikir yang tersusun dalam kumpulan doa al Ma’tsurat (doa-doa yang berasal dari Rasulullah) yang tidak lebih memakan waktu dari 15 menit. Imam Nawawi mempunyai pandangan, “Tak ada orang yang rutin memelihara dzikir pagi dan sore kecuali ia orang yang bertakwa.” Salah seorang salafushalih yang lain mengatakan, “Dzikir bagi seorang mukmin ibarat air bagi ikan.”

2. Dzikir pada hal-hal tertentu. Ketika masuk dan keluar rumah, ketika menaiki kendaraan, ketika makan, ketika tidur dan sebagainya.

MANFAAT:

- Ampunan dan memperberat timbangan amal shaleh yang hanya diperoleh dalam hitungan menit bahkan detik. Rasulullah saw bersabda, “Bersuci itu separuh dari keimanan. Mengucapkan “alhamdulillah” memenuhi apa yang ada antara langit dan bumi.” (HR. Bukhari)

- Dinaungi oleh Malaikat, berarti mendapat perlindungan dan rahmat dari Allah SWT. (HR. Bukhari)

- Ketenangan hati dan kesenangan jiwa. Allah SWT berfirman, “Ketahuilah, bahwa dengan dzikrullah itu akan menenangkan hati.” (QS. Ar Ra’d: 28)

Salam Ikhlas !

No comments:

Post a Comment