Pentingnya Saling Ingat Mengingatkan dan Menyampaikan

PENTINGNYA SALING MENGINGATKAN dan MENYAMPAIKAN...

waltakun minkum ummatun yad'uuna ilaa lkhayri waya/muruuna bilma'ruufi wayanhawna 'ani lmunkari waulaa-ika humu lmuflihuun

[3:104] Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung.

qul haadzihi sabiilii ad'uu ilaallaahi 'alaa bashiiratin anaa wamani ittaba'anii wasubhaanallaahi wamaa anaa mina lmusyrikiin

[12:108] Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Alloh dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

Monday, January 10, 2011

BERIMAN KEPADA YANG GHAIB 5

101- عن أبى هريرة رضىالله عنه عنى النبىصلىالله عليه وسلم قال : من تمسك بسنتى عند فسد أمتى فله أجر شهيد . رواه الطبرانى ياسناد لابأس به ، الترغيب 1/80

101. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : Barang siapa yang berpegang teguh kepada sunnah ku selama ( masa ) kerusakan umatku, baginya pahala satu mati sahid ( HR. Tabrani ).

...

102-عن مالك بن أنس رحمه الله أنه بلغه أن رسول الله صلىالله عليه وسلم قال تركت فيكم أمرين لن تضلوا ما تمسكنتم بهما كتاب الله وسنة نبيه .رواه الإمام مالك فى الموطأ ، النهى عن القول فى القدرص 752

102. Malik Ibnu Anas rahimahullahualaihi meriwayatkan : Riwayat berikut telah sampai kepadanya yang mana Rasulullah SAW bersabda : aku telah tinggalkan kepadamu dua perkara ; dan kamu tidak pernah akan sesat selagi kamu berpegang teguh kepadanya : kitab Allah dan sunnah nabinya. ( Muatta Imam malik ).

103-عن العرباض بن سارية رضىالله قال : وعظنا رسول اللهصلىالله عليه وسلم يوما بعد صلوة الغداة موعظة بليغة ذرفت منها العيون ووجلت منها القلوب ، فقال رجل : إن هذه موعظة مودع فبماذا تعهد إلينا يارسول الله ؟ قال : أوصيكم بتقوىالله ، والسمع والطاعة وإن عبد حبشى ، فإنه من يعش منكم يرا اخنلافا كشيرا ، وإياكم ومحدثات الآمور فإنها ضلالة فمن أدرك ذلك منكم فعليه بسنتى وسنة الخلفاء الراشدين المهديين ، عضوا عليها بالنواجذ. رواه الترمذى، وقال : هذاحديث حسن صحيح ، باب ما جاء فى الآجذبالسنة ، الجامع الترمذ 2/52 طبع فاروقى كتب جانه ، ملتن

103. Irbad Ibnu Sariyah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pada suatu hari sesudah shalat subuh menasehati kami dengan sebuah nasehat yang sangat menyayat hati, sehingga menyebabkan air mata kami mengalir dan hati-hati kami bergetar. Oleh sebab itu seorang berkata : Sesungguhnya nasehat ini merupakan ucapan selamat tinggal ! Karena itu kepada apa engkau mengajak kami wahai Rasulullah ? Rasulullah SAW menjawab : Aku menasehatkankan kamu dengan takwa kepada Allah ( takut dan taat ) dan mendengar serta taat ( kepada mereka yang berkuasa ), walaupun jika ia adalah seorang hamba abesinia ! karena sesungguhnya barang siapa yang hidup diantara kamu akan memperhatikan banyak perbedaan. Dan saya memperingatkan kamu tentang pembaharuan–pembaharuan ; sebab sesungguhnya pembaharuan-pembaharuan itu adalah sesat. Sebab itu barang siapa diantara kamu yang sampai ( pada masa dan kejadian-kejadian ) itu, maka hendaklah kamu berpegang teguh kepada sunnahku dan sunnah khulafa urasyidin ( HR.Tirmidzi )

104 – عن عبد الله بن عباس رضىالله عنهما أن رسول الله صلىالله عليه وسلم رأى خاتما من ذهب فى يد رجل ، فنزعه وقال : يعمد أحدكم إلى جمرة من نار فيجعلها فى يده فقيل للرجل بعد ما ذهب رسول الله صلىالله عليه وسلم خ خاتمك النفع به ، قال : لا ، والله ! لا اخذه أبد، وقد طرحه رسول الله صلىالله عليه وسلم رواه مسلم ، باب تحريم خاتم الذهب .. . قم :5472

104. Abdullah Ibnu Abbas r.a meriwayatkan : Rasulullah SAW melihat sebentuk cicin emas pada tangan seorang laki-laki ; maka ia membukanya ( dari jari tangannya dan membuangnya dan bekata : ( betapa mengherankan yang ) seorang diantara kamu ingin meletakkan bara api diatas tangannya. ( bermakna barang siapa yang memakai ditangannbya sesuatu yang terbuat daripada emas maka tangan itu berrada dalam neraka). Sesudah dikatakan kepada orang itu, sesudah Rasulullah SAW pergi : ambillah cincinmu dan gunakan dia ( dengan menjualnya ). ia menjawab : tidak ! Demi Allah, Saya tidak akan apernha mengambil sesuatu yang telah dibuang oleh Rasulullah SAW ! ( HR.Muslim ).

105قالت زينب : دخلت على أم حبيبة زوج النبى صلىالله عليه وسلم حين توفى أبوها أبو سفيان بن حرب فدعت أم حبيبة بطيب فيه صفرة خلوق أو غيره فدهتة منه جارية ثم مست بعار ضيها ثم قالت : والله مالى بلطيب من حاجة غير النى سمعت رسول الله صلىالله عليه وسلم يقول : لا يحل لامرأة تؤمن بالله واليوم الأخر أن تحد على ميت فوق ثلاث ليال إلا على زوج أربعة أشهر وعشرا . رواه البجارى، باب تحدالمتوفى عنها أربعة أشهر وعسرا ، رقم : 5324

105. Zainab r.anha. meriwayatkan : Saya memanggil Ummu Habibah r.anha isri Nabi SAW ketika ayahnya Abu Supyan Ibnu Harb r.a meninggal dunia. Ummu Habibah r.anha meminta sedikit minyak wangi yang terdiri dari campuran bahan kuningan; ( barangkali ) kholuq atau bahan yang lainnya. Kemudian ia memberi pembantunya memakai sediki minyak, dan menghapuskan minyak itu pada kedua pipinya dan berkata : Demi Allah ! saya tidak perlu kepada wangi-wangian, akan tetapi saya telah mendengar Rasulullah SAW bersabda : Tidak diperbolehkan bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhirat untuk berkabung keatas seorang yang meninggal lebih dari tiga hari kecuali keatas seorang suami, yang masanya empat bulan sepuluh hari. (HR.Bukhari ).

Catatan : Kholuq adalah sejenis campuran minyak wangi yang sapron lebih dominan.

106- عن أنس بن ملك رضىالله عنه أن رجلا سال النبىصلىالله عليه وسلم متى الساعة يارسول الله ؟ قال : ماأعدت لها؟ قال : ماأعددت لهامن كثير صلوة ولا صوم ولا صدقة ، ولكنى أحب الله ورسوله ، قال : أنت مع من أحببت . رواه البخارى ، باب علا مة الحب فىالله .رقم : 6171 عنى النبى

106- Anas Ibnu Malik r.a. meriwayatkan : Seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah SAW : Bilamana kan terjadi ( hari kebangkitan ) wahai Rasulullah ? Baginda menjawab : Apa yang telah engkau persiapkan untuk itu ? Ia menjawab : Saya tidak ada persiapan untuk itu dengan banyak shalat sunnat, atau puasa sunat, ataupun sedekah akan tetapi saya menyintai Allah dan Rasul Nya, ( Nabi ) bersabda : Kamu akan berada bersama dengan yang kamu cintai ! ( HR.Bukhari )

107- عن عائشة رضىالله عنهما قالت : جاء رجل إلى النبى صلىالله عليه وسلم فقال : يارسول الله ! إنك لآ حب إلى من نفسى ، وإنك لآ حب إلى من أهلى وملى ، وإنك لآحب إلى من ولدى ، وإنى لآكون فى البيت فأذكرك فما أصبر حتى اتى فأنظر إليك ، وإذا ذكرت موتى وموتك ، عرفت أنك إذا ذخلت الجنة رفعت مع النبيين ، وإنى إذا دخلت الجنة خشيت أن لا أراك ، فلم يرود عليه النبى صلىالله عليه وسلم شيئا حتى نزل جبريل عليه السلام بهذه اللآية : ( ومن يطع الله والرسول فأولئك مع الذين أنعم الله عليهم من النبيين والصديقين والشهداء والصلحين ). رواه الطبرانى فى الصغير والآوسطورجاله رجال الصحيح غير عبدالله بن عمر ان الغامدى وهوثقة مجمع الزوائد 7/62

107- Aisah r.anha meriwayatkan : Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW dan berkata : Wahai Rasulullah ! engkau lebih aku cintai dari pada diriku sendiri, dan lebih aku cintai daripada istriku dan hartaku, dan lebih aku cintai daripada anak-anakku. Ketika saya berada di rumahku saya selalu berfikir tentang engkau ; saya menjadi tidak sabar sehingga saya datang dan melihat engkau. Dan saya mengetauhi bahwa engkau dan saya akan mati ; setelah ini engkau akan ditinggikan bersama dengan nabi-nabi dalam sorga, dan jika saya masuk sorga, saya takut bahwa saya tidak dapat melihat engkau ( karena saya berada pada derajat yang lebih rendah dari pada engkau ) ! Nabi tidak menjawab kepadanya sehingga ( ayat berikut ) diwahyukan kepadanya :

ومن يطع الله والرسول فأولئك مع الذين أنعم الله عليهم من النبيين والصديقين والشهداء والصلحين

Artinya : Barangsiapa mentaati Allah dan Rasulnya, mereka akan ( berada )diantara mereka yang Allah telah berikan nikmat ( pahala ) yang khusus ; mereka akan berada bersama dengan Nabi-nabi, siddiqin, suhada dan solihin.

( Tabrani dan Majma Uz Zawaid ).

Catatan : Siddiq bermakna seseorang yang derajat kekuatan iman dan yakinnya sangat tinggi. Oleh karena itu banyak pentafsir menterjemahkan siddiq sebagai orang – orang soleh.

108- عن أبى هريرة رضىالله عنه أن رسول الله صلىالله عليه وسلم قال : أن رسول الله صلىالله عليه وسلم قال : من أشد أمتى إلى حبا ، ناس يكونون بعدى ، يودأحدهم لو رانى بأهله وماله . رواه مسلم ، باب فيمن يودرؤبة النبىصلىالله عليه وسلم رقم : 7145

108 -Abu Hurairah r.a meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda diantara mereka yan sangat mencintaiku dari umatku adalah orang-orang ( yang datang ) setelah aku mereka tidak menyesal karena tidak melihat aku bahkan mengorbankan keluarga dan harta mereka ! ( HR.Muslim )

109- عن أبى هريرة رضىالله عنه أن رسول الله صلىالله عليه وسلم قال : فضلت على الآنبياء بست أعطبت جوا مع الكلم ، ونصرت بالرعب وأحلت لى المغانهم ، وخعلت لى الآرض طهورا ومسجدا، وأرسلت إلى الخلق كافة ، وختم بى النبيون . رواه مسلم ، باب المساجد ومواصلوة ، رقم :1167

109. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : bahwa Rasulullah SAW bersabda : aku telah di lebihkan keatas Nabi-nabi dengan enam perkara. Aku telah diberikan Jawami alkalim ( ungkapan – ungkapan yang sempurna ) dan aku telah di bantu ( oleh Allah ) dengan ketakutan ( ditempatkan Allah dalam hati-hati musuh ) dan ghanimah ( harta rampasan musuh ) di jadikan halal bagiku ( bagi orang – orang terdahulu, harta rampasan musuh mesti dibakar dengan api yang turun dari langit ) ; dan seluruh permukaan bumi dijadikan mesjid) di sucikan untuk mengerjakan shalat ; sedangkan umat-umat sebelumnya ibadah hanya dapat dilakukan pada tempat-tempat yang khusus dan seluruh permukaan bumi di sucikan bagiku ( dengan maksud tayyamum dimana kesucian dapat diperolehi ), dan saya dihantar untuk seluruh makhluk , ( sedangkan nabi-nabi terdahulu dihantar khususnya untuk kaum dan bangsa mereka sendiri ), dan pintu kenabian telah ditutup dengan kedatanganku. ( tidak ada nabi dan rasul baru yang akan datang setelah Rasulullah SAW ). ( HRR.Muslim ).

Catatan : Jawami alkalim bermakna ungkapan – ungkapan pendek yang memuat pengertian yang luas dan lengkap.

110- عن عرباض بن سارية رضىالله عنه صاحب رسول الله صلىالله عليه وسلم قال : سمعت رسول الله صلىالله عليه وسلم يقول : إنى عبدالله وخاتم النبيين. ( الحديث ) رواه الحاكم وقال : هذا حديث صحيح الإسناد ولم يخرحاه ووافقهالذهبى 2/418

110- Irbad Ibnu Sariyah r.a. sahabat rasulullah SAW meriwayatkan saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : Sesunggguhnya aku adalah Abd ( hamba Allah ) dan penutup para nabi.


( Mutadrak Hakim )

No comments:

Post a Comment