There was an error in this gadget

Pentingnya Saling Ingat Mengingatkan dan Menyampaikan

PENTINGNYA SALING MENGINGATKAN dan MENYAMPAIKAN...

waltakun minkum ummatun yad'uuna ilaa lkhayri waya/muruuna bilma'ruufi wayanhawna 'ani lmunkari waulaa-ika humu lmuflihuun

[3:104] Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung.

qul haadzihi sabiilii ad'uu ilaallaahi 'alaa bashiiratin anaa wamani ittaba'anii wasubhaanallaahi wamaa anaa mina lmusyrikiin

[12:108] Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Alloh dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

Wednesday, January 26, 2011

SHALAT-SHALAT SUNNAH DAN SHALAT-SHALAT NAFILAH 4

151- Ubadah Ibnu Samith r.a. meriwayatkan bahwa : Nabi SAW bersabda : Barangsiapa yang bangun pada malam hari dan membaca doa berikut …..

artinya : Tiada yang paptut disembah dari Allah, Dialah Allah yang Esa, Dia tidak mempunyai serikat, kepunyaan-Nya semua kerajaan, dan kepunyaan-Nya lah segala pujian, Dia memiliki kekuasaan atas segala sesuatu..., segala puji bagi Allah ; dan Allah Maha Suci ; dan tiada yang patut disembah kecuali Allah ; dan Allah Maha Besar ; dan tiada yang mempunyai kemampuan untuk menolak kejahatan, dan tiada daya upaya untuk melakukan kebajikan, kecuali dengan ijin Allah. Dan bertobat ; wahai Allah ! ampunilah saya. Maka doanya akan dikabulkan; dan jikalau Dia mengambil wudhu’ dan mengwerjakan shalat, maka shalatnya juga akan diterima. (HR.Bukhari )

152- Ibnu Abbas r.anhuma meriwayatkan bahwa : ketika Nabi SAW bangun untuk mengerjakan shalat tahajjud pada malam hari, maka dia berdoa sdengan doa ini……

artinya : Wahai Allah Tuhan kami ! untukmu segala puja dan puji ; kepadamu milik kerajaan langit dan bumi ; kepadamu segala puja dan puji. Engkaulah adalah cahaya langit dabn bumi, kepadamu segala puja dan puji. Engkau adalah Raja langit dan bumi, kepada-Mu segala puja dan puji. Engkau hak ( Maha Benar ) dan janji Mu adalah hak, pertemuan dengan Mu adalh benar, firman Mu adalah benar, sorga adalah benar, neraka adalah benar, Nabi-nabi adalah benar, Muhammad SAW adalah benar; hari ( Hari kiamat adalah benar ). Ya Allah Tuhan Kami ! kepada Mu kami berserah diri ; kepada Mu kami beriman ; dan kepada Mu kami bertawakkal ; dan kepada Mu kami kembali ( untuk bertobat ); dengan pertolongan Mu kami mengadu ; dan kepada Mu kami memutuskan hukum ( dengan orang – prang yang kafir );maka ampunilah dosa-dosa kami yang telah berlalu maupun yang akan datang, yang kami lakukan dengan sembunyi-sembnyi maupun yang kami lakukan dengan terang-terangan. Engkaulah yang dapat memajukan seseorang dalam perbuatan yang baik dan Engkaulah yang dapat menangguhkan dan tiada Tuhan yang patut disembah kecuali Engkau. Tiada kekuatan untuk menolak kejahatan, dan tiada daya upaya untuk melakukan yang baik, kecuali melaui ijin Allah. ( HR.Bukhari ).

153- عن أبى هريرة رضىالله عنه قال : قال رسو ل الله r : أفضل الصيام بعد رمضان، شهر الله المحرم، وأفضل الصلوة بعد الفريضة، صلوة الليل. رواه مسلم، باب فض صوم المحرم، رقم : 2755

153- Abu Hurairah r,.a.meriwayatkan bahwa : Rasulullah SAW bersabda : sebaik-baik bulan untuk berpuasa sesudah bulan ramadhan adalah bulan muharram; dan sebaik-baik shalat sesudah shalat fardhu adalah shalat tahajjud. (HR.Muslim )

154- عن إياس بن معاوية المزنى رحمه الله أن رسو ل الله r قال : لابد من صلوة بليل ولو حلب شاة، وما كان بعد صلوة العشاء فهو من الليل. رواه الطبرانى الكبير وفه: محمد بن اسحاق وهو مدلس وبقيه رجاله ثقات، مجمع الزوائد 2/521 وهوا ثقة، مجمع الزوائد10/92

154- Iyas Ibnu Muawiyah Al Mujami rahimahuillah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : sesugguhnya mengerjakan shalat tahajjud, lakukanlah shalat itu untuk masa yang singkat seperti memerah susu kambing. Setiap shalat selepas sesudah isya akan dikira sebagai tahajjud. ( Tabrani dan Majma Uz Zawaid )

155- عن عبد الله رضىالله عنه قال : قال رسول الله r: فضل صلوة الليل على صلوة النهار كفضل صدقة السر على صدقة العلانية. رواه الطبرانى الكبير ورجاله ثقات، مجمع الزائد2/519

155- Abdullah r.a.meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : kelebihan shalat nafil yang dikerjakan pada malam hari seperti dibandingkan dengan seorang yang mengerjakan shalat pada siang hari adalah lebih tinggi nilainya sebagaimana sedekah yang diberikan sembunyi-sembunyi keatas sedekah yang diberikan secara terang-terangan. ( tabrani dan Majma Uz Zawaid )

156- Abu Umamah Bahili r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : kamu mesti mengerjakan shalat tahajjud, karena inilah kebiasaan orang-orang sahaleh sebelum kamu. Dan ini akan membawa kamu lebih dekat kepada Rabmu, menjadi asbab pengampunan dari amalan-amalan buruk, dan mencegah dari dosa-dosa. ( Mustadrak hakim )

157- Abu darda r.a.meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : ada tiga orang yang di kasihi Allah, dan sangat disukai Allah apabila dia melihat pada mereka; pertama seorang yang berjihad semata-mata untuk ridha Allah, dan ia terus berperang dalam medan pertempuran sendirian walaupunsemua kawan-kawannya telah meninggalkannya ; sehingga ia sahid atau mendapat pertolongan dari Allah dan memperoleh kemenagan. Allah SWT berfirman ( kepada malaikat-malaikat ) : lihatlah hamba Ku ! betapa ia tetap bertahan dan tetap tegu dalam medan pertempuran semata-mata karena ridha Ku. Kedua seorang yang mempunyai istri yang cantik disampingnya yang berada diatas tempat tidur yang lembut dan mewah, dan ia bangun pada malam hari mengerjakan shalat tahajjud. Allah SWT berfirman kepada malaikat-malaikat : Lihat kepada hamba Ku ia mengorbankan kesenangan dan keinginan hawa nafsunya dan mengingati Aku.” Jikalau ia menghendaki ia boleh meneruskan tidurnya. Ketiga, seorang yang berada dalam bersafar bersama kafilah dan ketika semua anggota kafilahnya sesudah berjalan sampai larut malam keletihan, ia bangun mengerjakan shalat tahajjud apakah ia suka atau tidak suka. ( Tabrani dan Targhib )

158- عن أبى مالك الأشعرى رضىالله عنه عن النبى r قال : إنا فى الجنة غرفايرى ظاهرها من باطنها، وبا طنها من ظاهرها، أعدها الله لمن أطعم الطعام ، وأفشى السلام، وصلى بالليل والناس نيام. رواه ابن حبن، قال المحقق: إسناده قوى 2/262ا

158- Abu malik Al Ashari r.a. meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : terdapat bilik-bilik yang transfaran ( dapat dilihat baik dari dalam amupun dari luar ) dalam sorga, yang Allah SW sediakan bagi orang-orang yang memberi makan ( orang lain dengan pemurah dan suka hati ), yang mengucapkan salam dan mengerjakan shalat pada waktu malam ketika orang-orang sedang tidur. ( Ibnu Hiban )

159- عن سهل بن سعدرضىالله عنهما قال : جاء جبرئيل إلى النبى r فقال : يا محمد! عس ما شئت فإنك ميت، واعمل ماشئت فإنك مجزى به، وأحبب من شئت فإنك مفارقه، واعلم أن شرف المؤمن قيام الليل، وعزه استغناء ه عن الناس. رواه الطبرانى فى الأوسط وإسناده حسن، الترغيب 1/431

159- Sahal Ibnu Saad r.a. meriwayatkan bahwa Zibril a.s datang kepada Nabi SAW dan mengatakan : Hai Muhammad SAW ! engkau boleh hidup dengan umur yang panjang; akan etapi pada suatu hari engkau pasti mati. Buatlah apa saja amal yang ingin engkau laukan ; dan engkau akan kembali kepadanya. Engkau boleh mencintai siapa saja yang engkau boleh inginkan, akan tetapi pada suatu hari engkau mesti berpisah. Dan ketauhilah ! kemulian dan kehormatan seorang beriman terletak dalam tahajjud dan kemuliannya terletak dalam berlapang dada.

160- عن عبدالله بن عمرو بن العاص رصىالله عنهما قال : قال لى رسو ل الله r : يا عبدالله لا تكن مثل فلان كان يقوم من الليل فترك قياما لليل. رواه البخارى، باب مايكره من ترك قيامالليل لمن كان يقرمه، رقم : 1152

160- Abdullah Ibnu Amir Ibnu Al-As r.a.nhuma meriwayatkan : Rasulullah SAW berkata kepadaku : Hai Abdullah ! janganlah kamu menjadi seperti fulan bin fulan, yang mengerjakan tahajjud pada malam hari kemudian ia berhenti mengerjakannya. ( H.Bukhari )

catatan : hadist ini bermaksud bahwa tidak baik meninggalkan suatu kebajikan ( yang biasa ia kerjakan )tanpa suatu alasan yang kuat. ( Majahil Haq )

No comments:

Post a Comment