Pentingnya Saling Ingat Mengingatkan dan Menyampaikan

PENTINGNYA SALING MENGINGATKAN dan MENYAMPAIKAN...

waltakun minkum ummatun yad'uuna ilaa lkhayri waya/muruuna bilma'ruufi wayanhawna 'ani lmunkari waulaa-ika humu lmuflihuun

[3:104] Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung.

qul haadzihi sabiilii ad'uu ilaallaahi 'alaa bashiiratin anaa wamani ittaba'anii wasubhaanallaahi wamaa anaa mina lmusyrikiin

[12:108] Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Alloh dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

Sunday, January 2, 2011

KALIMAH TAYYIBAH 2

11- عن طلحة بن عبيد الله رضى الله عنه قال:قال النبي صلىالله عليه وسلم انىلآعلم كلمة لا يقولها رخل يحضره الموت الآ وجدروحه لها روحا حتى تخرج من جسده وكانت له نورا يوم القيمامة. (رواه ابويعلى ورجاله رجل الصحيح مجمع الزوائد 3/67

11. Tolha bin Ubaidullah r.a meriwatkan : Bahwa rasulullah SAW bersabda : Saya mengetauhi sebuah kalimah yang apabila seo...rang manusia menjelang mati mengucapkannya maka ruhnya ketika meninggalkan jasadnya akan mengalami kegembiraan disana ; Dan akan menjadi cahaya baginya pada hari kebangkitan ( kalimah itu adalah La ilaha illallah ). ( Abu Ya’la dan Majma Uz-Zawaid )

12- عن انس رضى الله عنه (فى حديث طويل ) ان النبىصلىالله عليه وسلم قال : يخرج من النار من قال لآاله الآالله وكان فى قلبه من الخير مايزن شعيرة ثم يخرج من النار من قال لآاله الآالله وكان فى قلبه من الخير مايزن برة ثم يخرج من النار من قال لآ اله الآ الله وكان فى قلبه مايزن من الخير ذرة(وهو جزءمن .الحد يث) رواه البخاري، باب قول الله تعالى : لما خلقت بيدى، رقم:7410

12. Anas r.a. meriwatkan ( Dalam sebuah riwayat yang panjang ), bahwa Nabi SAW bersabda : Orang-orang yang dibebaskan dari neraka , mereka yang pernah mengucapkan La ilaha illallah dan dalam hatinya ada kebaikan ( iman ) walaupun sebesar tepung gandum. Setelah mereka akan dikeluarkan dari neraka mereka yang mengucapkan La ilaha illallah dan dalam hatinya ada kebaikan ( iman ) walaupun seberat tepung terigu. Sesudaah itu, akan dikeluarkan dari neraka orang yang mengucapkan La ilaha illallah dan dalam hatinya ada kebaikan (iman ) walaupun sebesar debu. (HR.Bukhari)

13- عن المقداد رضى الله عنه ياقول : سمت رسول الله يقال: لايبقى على ظهرالآرضىبيت مدر ولا وبرإلا أدخله كلمة الإسلام بعز أوذليل إما يعزهم الله عزوجل فيجعلهم من أهلها أويذ لهم فيدينو ن لهاز. رواه أحمد 6/4

13. Miqdad Ibnu Aswad r.a. meriwayatkan : Saya mendengar rasululah SAW bersabda : Tidak akan tertinggal diatas permukaan bumi ini sebuah rumah yang terbuat dari tanah atau dari rambut unta di suatu kota, kampung atau padang sahara; kecuali Allah menjadikan kalima Islam ini memasukinya dengan kehormatan, atau dengan kehinaan yang menghinakan. Ataukah Allah akan memuliakan mereka dan menjadikan mereka diantara ahli-ahli kalimah, atau menghinakan mereka dengan menjadikan mereka tunduk setia kepadanya ( sebagaimana orang-orang dan pemerintah yang berasaskan keyakinan mereka sendiri ). (Musnad Ahmad )

14- عن ابن شماسة المهرى قال : حضرنا عمرو بن العاص وهو فى سياقة الموت يبكى طويلا وحول وجهه إلى الجدار، فجعل ابنه يقول : ياأبتاه ! أما بشرك رسول الله صلىالله عليه وسلم بكذا ؟ أما بشرك رسول اللهصلىالله عليه وسلم بكذا ؟ قال فأقبل بوحهه وقال : إن أفضل ما نعد شهدة أن لآ إله ألا الله وأن محمدا رسول الله ، إنى قد كنت على أطباق ثلث ، لقد رأيتنى وما أحد أشد بغضا لر سول اللهصلىالله عليه وسلم منى ، ولا أحب إلى أن اكون قدالستمكنت منهفقتلته منه، فلو مت على تلك الحال لكنت من أهل النا، فلما حعل الله الإسلام فى أتيت النبى صلىالله عليه وسلم فقلة : ابسط يمينك فلآبا يعك فبسط يمينه، قال : فقبضت يدى قال : مالك ياعمرو؟ قال قلت ، اردت أن أشترط قال : تشترط بماذا ؟ قلت : أن يغفر لى قال : أماعلمت ياعمرو أن الاسلام يهدم ماكان قبله؟ وان الهرة تهدم ما كان قبلها؟ وان الحج يهدم ما كان قبله؟ وما كان احداحب الى من رسل اللهصلىالله عليه وسلم ولا احل فى عينى منهْْ,و ما كنت اطيق ان املآ عينى منه إجلا لا له ولو سئلت ان اصفه ما آ طقت لآ نى ما اكن املآ عينى منه ولو مت على تلك الحال لرخوت ان اكون من اهل الجنة ثم ولينا اشياء ما ادرى ما حالى فيها فاذا انا مت فلا تصحنى نائحة و لا نار فإذ دفنتمنونى فسنوا على التراب سنا ثم آقيموا حول قبرى فدرماتنحر جزور ويقسم لحمها حتى آستآنس بكم, وآنظر ماذا آراجع به رسل ربه.(رواه مسلم,باب كون الآ سلام يهدم ما قبله ....,رقم 321

14. Ibnu Symasa Al-Mahri Rahimahullah meriwayatkan : Kami bersama dengan Amir Ibnu Al-as r.a. ketika ia dalam sakratul maut, dan ia menangis lama sekali, ia memalingkan wajahnya kearah tembok. Putranya menghiburnya katanya! Tidakkah Rasulullah memberi kabar gembira kepadamu sekian dan sekian ? Tidakkah Rasulullah SAW memberikan kabar gembira kepadamu sekian dan sekian? Kemudian ia menghadap kami dan berkata : Sesungguhnya perkara yang terbaik yang kita persiapkan (untuk kita sendiri ) adalah bersaksi bahwa La ilaha illallahu wa anna Muhamamadur rasulullah ( Tiada yang patut disembah kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah utusanNYA ). Sesungguhnya saya yelah melewati tiga zaman dalam kehidupanku. Saya sudah mengetauhi bahwa tidak ada orang yang lebih saya benci dari pada Rasulullah SAW, dan tidak ada yang lebih saya inginkan bahwa saya mendapat kesempatan untuk membunuhnya ! dan kalau saya mati dalam keadaan itu tentu saya berada bersama dengan golongan ahli neraka. Kemudian ketika Allah mencampakkan Islam ke dalam hati saya, saya datang kepada Rasulullah dan berkata : Ulurkanlah tangan kananmu supaya saya dapat berbaiat kepadamu. Baginda mengulurkan tangannya, tetapi saya menarik balik tanganku. Baginda kembali bertanya : Ada apa gerangan dengan kamu wahai Amir ? saya berkata : saya mau masuk Islam dengan suatu persyaratan. Baginda bersabda apa persyaratan yang kamu hendaki ? Saya berkata bahwa saya mesti diampuni! Baginda bersabda : Tidakkah engkau mengetauhi bahwa ( menerima ) Islam menghapuskan dosa-dosa yang dilakukan sebelumnya ; dan hijrah menghapuskan dosa-dosa yang dilakukan sebelumnya, dan bahwa haji menghapuskan dosa-dosa yang dilakukan sebelumnya. Dan setelah itu tidak ada orang yang lebih saya hormati dari pada Rasulullah SAW, Oleh karena itu saya tidak sanggup mengangkat muka untuk menatapnya karena cintaku kepadanya, dan jikalau saya diminta untuk menggambarkan bentuk rupanya, saya tidak dapat melakukannya karena saya tidak pernah menatapnya, dan kalau saya mati dalam keadaan itu saya berharap bahwa saya akan berada diantara orang-orang ahli surga. Sesudah itu kami telah terlibat dalam banyak urusan dunia, yang karena urusan-urusan itu saya tidak mengetauhi bagaimana keadaan diri saya sendiri. Oleh sebab itu apabila saya mati janganlah jenazah saya ditemani oleh wanita-wanita peratap atau janganlah membawa api. Ketika kamu menguburkan aku ratakanlah kubur saya dengan tanah, kemudian berdirilah beberapa saat sekeliling kuburanku selama masa seekor unta disembelih dan dibagi-bagikan dagingnya, supaya saya dapat merasa terhibur dari kamu sementara saya memikirkan jawaban apa yang mesti saya berikan kepada utusan-utusanmu ( malaikat-malaikat ) Rabbku. (HR.Muslim.(

15. عن عمر رصى الله عنه قال النبيصلىالله عليه وسلم ياابن الجطب ! اذهب فنادفى الناس انه لا يدخل الجنة الا المؤمنون. رواه مسلم , باب غلظ تحريم ...رقم 309

15. Umar r.a. meriwayatkan bahwa rasulullah SAW bersabda : Wahai putra Khathab! Pergilah dan beritahukanlah kepada manusia bahwa sesungguhnya tidak ada orang yang akan memasuki sorga kecuali orang-orang beriman. ( HR.Muslim )

16.عن ابى ليلا لصى الله عنه عن النبيصلىالله عليه وسلم قال:ويحك يا ابا سفيان قد جئيكم بالدنيا والآخرة فا سلمواتسموا.(وهوبعض الحديث )رواه الطبرنى وفيه : حرب بن الحسن الطحان وهو ضعيف وقد وثق، مجمع الزوائد6/250

16. Abu Laila r.a. meriwayatkan dari Bapaknya : Nabi SAW bersabda : Celakalah amu wahai Abu Sofyan ! sesungguhnya saya telah datang kepadamu dengan ( kejayaan ) dunia ini dan akhirat, maka masuk Islamlah dan masuklah kedalam keselamatan. (HR.Tabrani dan Majma Uz-Zawaid ).

17- عن انس رض الله عنه قال: سمعة النبي صلىالله عليه وسلم يقول:اذا كان يوم القيمامة شفعت، فقلت: يارب! ادخل الجنة من كان فى قبله ادنى شىء . رواه البخارى، باب كلام الر تعالى يوم القيمامةصلىالله عليه وسلم ..رقم 7509

17. Anas r.a. meriwayatkan : saya mendengar nabi SAW bersabda : Apabila terjadi hari kebangkitan maka saya akan dijinkan memberi syafaat maka saya akan berkata : wahai Rab ! masukkanlah kedalam sorga sesiapa sesiapa yang dalam hatinya ada iman sebesar biji sawi, ( Allah SWT akan menerima syafaatku ) maka mereka akan memasuki sorga. Kemudian saya akan berkata : masukkan kedalam sorga sesiapa yang mempunyai dalam hatinya iman yang lebih kecil daripada zarrah. (HR.Bukhari )

18- عن أبى سعيد الخدرى رض الله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم قال: يد خل اهل الجنة وأحل النار النار ثم يقول الله تعلى : أخرجوا من كان فى قلبه مثقال حبة من حرد ل من إيمان فيخرجون منها قداسودا ، فيلقون فى نهرى الحياة فينبتون كماتنبت الحبت فى جانب السيل ألم تر أنهاتخرج صفراء ملتو ية ؟. رواهالبخارى ، باب تفاضل أهل الايمان فى الآعمال ، رقم : 22

16. Abu Sayyid Al-Kudri r.a. meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : apabila ahli-ahli sorga sudah memasuki sorga dan ahli-ahli neraka sudah memasuki neraka, Allah SWT berfirman keluarkanlah sesiapa yang mempunyai dalam hatinya iman seberat biji sawi. Karena itu mereka akan dikeluarkan dari neraka yang keadaan mereka hitam kelam. Mereka akan dilemparkan kedalam sungai kehidupan dan mereka akan tumbuh kembali sebagaimana benih yang tumbuh pada tepi sungai – sungai yang deras. Tidakkah kamu memperhatikan bagaiamana ia tumbuh dengan lengkung kuning yang berseri ? (HR.Bukhari ).

19- عن أبى أمامة رض الله عنه أن رسول الله صلىالله عليه وسلم سأله رجل فقل : يا رسول الله ! ما الإيمان ؟ قال : إذاسرتك وساء تك سيئتك مؤمن . ( الحديس ) رواه الحاكم وصححه ، ووالفقه الذهبى 1/ 13،14

19. Abu Umamah meriweayatkan : Seorang bertanya kepada Rasulullah SAW wahai utusan Allah ! apa itu Iman ? baginda menjawab : apabila amal baikmu menyukakan kamu dan amal burukmu menyedihkan kamu, maka engkau adalah seorang mukmin ( beriman ). (HR.Mustadrak Hakim ).

20- عن العباس بن عبد المطلب رض الله عنه أنه سمع رسول اللهصلىالله عليه وسلم يقول : ذاق طعم الإ يمان من رضى بالله ربا وبالإسلام دينا وبمحمد صلىالله عليه وسلم رسولا. رواه مسلم ، باب الد ليل على أن من رضى بالله ربا... قم: 151

20. Abbas Ibnu Abdul Muthalib r.a. meriwayatkan : saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya orang yang merasakan bunganya iman adalah orang yang ridha kepada Allah sebagai Rabnya dan orang yang ridho kepada Islam sebagai Din

( agama )nya, dan oang yang ridho kepada Muhammad SAW sebagai utusan Allah.

( HR.Muslim )

Catatan : Ini bermakna menyembah Allah SWT, menjalankan kehidupan menurut syariat Islam dan mentaati Muhammad SAW yang berhubungan dengan kasih yang mendalam karena Allah, RasulNya SAW dan Islam. Barang siapa yang telah mencapai derajat ini sesungguhnya dia telah rasakan manisnya Iman.

No comments:

Post a Comment